Tech

Laptop lemot? jangan khawatir berikut ini tips mengatasi laptop lemot

Share to

Teknologi Riau – Laptop merupakan salah satu alat elektronik yang sangat populer dan sudah tidak asing lagi bagi kita. Bagi menurut beberapa instansi, laptop sudah menjadi hal pokok yang harus dimilik guna untuk membantu pekerjaan sehari-hari. Laptop banyak digunakan karena ukurannya yang praktis, sehigga memudahkan untuk dibawa kemana saja. Namun, tak jarang masalah muncul dari pengguna laptop ini. Salah satu masalah yang sering muncul yaitu laptop menjadi lemot atau pun lambat. Tentu saja hal ini sangat tidak mengenakkan bagi kita, dimana pada kondisi laptop yang digunakan untuk bekerja tetapi loading nya lambat. Hal ini terkadang menimbulkan rasa jengkel dan kesal bagi kita. Berikut akan dijelaskan penyebab serta Tips mengatasi laptop lemot.

 Ada beberapa penyebab laptop lemot yang banyak dijumpai. Berikut akan dijelaskan beberapa penyebab laptop anda lemot.

 

  1. Kapasitas RAM kecil
    RAM atau Random Accsess Memory merupakan salah satu perangkat keras yang membantu kinerja laptop atau komputer. Fungsi utama RAM ini adalah untuk membaca data dan tempat penyimpanan sementara. Kemampuan RAM untuk mengakses data secara acak membuatnya lebih cepat menampilkan data. Selain itu RAM juga dapat menyimpan data sementara pada perangkat saat perangkat tersebut menyala dan data belum sempat disimpan pada harddisk. Maka dari itu, semakin besar kapasitas RAM maka akan lebih cepat laptop anda bekerja.
  2. Hard disk sudah penuh
    Hard disk merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan. Hard disk termasuk salah satu komponen yang dapat meningkatkan kinerja komputer. Jika space atau kapasitas hard disk sudah penuh maka akan menyebabkan laptop anda menjadi lambat. Maka dari itu, usahakan sediakan space atau kelonggaran pada hard disk anda agar hard disk dapat bernafas dengan lancar.
  3. Banyaknya softwere yang terinstall pada laptop
    Semakin hari semakin banyak pula softwere yang diciptakan guna membantu kegiatan kita sehari-hari. Namun, terlalu banyak menginstall softwere di laptop kita juga menimbulkan efek loading lambat pada latop. Pada intinya semakin banyak software-software yang anda install dalam laptop maka semakin bertambah pula sistem registry baru yang tersimpan dan bekerja dalam laptop anda.
  4. Terjadi kerusakan pada hardware komputer
    kerusakan pada hardware juga tentu saja menjadi penyebab lemotnya laptop anda. Contoh nya kerusakan pada hard disk, dimana kita ketahui hard disk ini merupakan salah satu komponen utama pada laptop. Ketika hard disk mengalami bad sector, maka proses yang ada pada laptop akan berjalan lambat.
  5. Virus
    Virus merupakan hal yang jarang kita sadari karena terkadang kehadiran virus ini dapat dikatakan tak terduga dan tak terlihat. Ketika sistem sudah terserang virus, maka laptop akan menjadi lambat. Virus akan sering menggunakan sumber daya komputer baik RAM atau CPU, termasuk juga memantau aktivitas laptop. Hal ini tentu sangat berpengaruh terhadap kinerja laptop. Bahkan dalam beberapa kasus yang lebih parah virus dapat mencuri data kita. 

Nah itu tadi beberapa penyebab yang membuat laptop menjadi lambat atau lemot. Namun, jangan buru-buru mengganti laptop anda dengan yang baru apabila laptop anda lemot. Coba beberapa hal berikut ini agar laptop anda tidak lambat atau lemot.

Baca juga Cara Mudah Mengetahui Sistem Dan Teknologi Website Orang Lain. 

  1. Jangan matikan paksa laptop. Mematikan paksa laptop akan membuat masalah pada perangkat komputer seperti hardisk, RAM, dan lain-lain.
  2. Gunakan Kipas pendingin. Bisa jadi penyebab laptop lemot adalah suhu yang panas. Maka dari itu solusi dari masalah ini adalah gunakan kipas pending.
  3. Hapus software yang tidak terpakai. Terkadang banyak sekali software yang tidak digunakan namun terinstall pada laptop kita. Maka dari itu penting bagi kita untuk menguninstall software yang tidak terpakai.
  4. Defragment Hard disk. Defragment mempunyai fungsi untuk menjaga kestabilan PC dan keadaan hardisk kerana defragmenter mampu mengelakkan / men fix kan boot sector dalam hardisk ataupun error program.
  5. Bersihkan Cache. Semakin banyak cache pada laptop kita maka akan memakan tempat pada penyimpanan kita.
  6. Gunakan aplikasi sesuai spesifikasi laptop. Tidak semua aplikasi cocok untuk dipasang disemua laptop. Maka install aplikasi yang sesuai dengan spek laptop anda.
  7. Rajin melakukan scan virus untuk mendeteksi virus tersembunyi.

Itu tadi beberapa penyebab dan Tips mengatasi laptop lemot, semoga bermanfaat bagi kita semua. 🙂

 

Subscribe
Notify of
guest
3 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Hanggyardo

Bgaimna y cara ny bersih kn chance laptop itu y ?

[…] baca juga : Laptop Lemot? Jangan Khawatir Berikut Ini Tips Mengatasi Laptop Lemot […]